Mon. Mar 4th, 2024
5 Cara Kompres PDF Online, Mudah dan Cepat

5 Cara Kompres PDF Online, Mudah dan Cepat

PDF (Portable Document Format) adalah salah satu format dokumen yang paling populer digunakan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, membuat presentasi, atau mengirim laporan. Namun, terkadang ukuran file PDF terlalu besar sehingga menyulitkan untuk diunggah, dikirim, atau dibuka. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan kompres PDF agar ukurannya menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya.

Ada banyak cara untuk kompres PDF, baik secara online maupun offline. Dengan menggunakan cara-cara ini, kamu bisa menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat proses pengiriman atau pengunduhan file PDF. Berikut ini adalah 5 cara kompres PDF online yang mudah dan cepat yang bisa kamu coba.

1. Xodo

Xodo adalah salah satu alat online gratis yang bisa kamu gunakan untuk kompres PDF dengan cepat dan mudah. Kamu hanya perlu mengunggah file PDF yang ingin kamu kecilkan ke situs Xodo[^1^][2], lalu pilih tingkat kompresi dan kualitas keluaran yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa mengunduh file PDF terkompresi ke perangkat kamu. Xodo juga menjamin keamanan file kamu karena tidak akan menyimpannya di server mereka.

2. Smallpdf

Smallpdf adalah situs online yang menawarkan berbagai layanan terkait PDF, salah satunya adalah kompres PDF. Kamu bisa mengakses situs Smallpdf[^2^][1] dan memilih opsi Compress PDF. Kemudian, unggah file PDF yang ingin kamu kompres dan pilih antara Basic Compression atau Strong Compression. Basic Compression akan mengurangi ukuran file sekitar 40%, sedangkan Strong Compression akan mengurangi ukuran file sekitar 75%. Setelah selesai, kamu bisa mengunduh atau menyimpan file PDF terkompresi ke Google Drive atau Dropbox.

3. iLovePDF

iLovePDF adalah situs online lainnya yang bisa membantu kamu untuk kompres PDF dengan mudah. Kamu bisa mengunjungi situs iLovePDF dan memilih opsi Compress PDF. Lalu, unggah file PDF yang ingin kamu kompres dan pilih level kompresi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada tiga level kompresi yang tersedia: Extreme Compression, Recommended Compression, dan Less Compression. Setelah itu, klik Compress PDF dan tunggu hingga proses selesai. Kamu bisa mengunduh atau membagikan file PDF terkompresi melalui email atau media sosial.

4. PDF2Go

PDF2Go adalah situs online yang tidak hanya bisa digunakan untuk kompres PDF, tetapi juga untuk mengedit, mengonversi, atau membagi PDF. Untuk melakukan kompres PDF, kamu bisa membuka situs PDF2Go[^2^][1] dan memilih opsi Compress PDF. Selanjutnya, unggah file PDF yang ingin kamu kompres dari perangkat kamu, Google Drive, atau Dropbox. Kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan kompresi sesuai dengan preferensi kamu, seperti kualitas gambar, resolusi, atau warna. Setelah selesai, klik Start dan tunggu hingga file terkompresi. Kamu bisa mengunduh atau menyimpan file tersebut ke cloud storage.

5. SodaPDF

SodaPDF adalah situs online yang menyediakan berbagai fitur untuk mengelola file PDF, termasuk untuk melakukan kompres PDF. Caranya cukup mudah, kamu tinggal membuka situs SodaPDF[^2^][1] dan memilih opsi Compress PDF. Kemudian, unggah file PDF yang ingin kamu kompres dari perangkat kamu atau cloud storage. Pilih level kompresi yang diinginkan: Low Quality (High Compression

), Medium Quality (Medium Compression), atau High Quality (Low Compression). Setelah itu, klik Compress dan tunggu hingga file terkompresi. Kamu bisa mengunduh atau membagikan file tersebut melalui email atau media sosial.

Kesimpulan

Itulah 5 cara kompres PDF online yang mudah dan cepat yang bisa kamu coba. Dengan menggunakan cara-cara ini, kamu bisa mengurangi ukuran file PDF tanpa mengorbankan kualitasnya. Selain itu, kamu juga bisa menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat proses pengiriman atau pengunduhan file PDF. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *