Thu. Jun 1st, 2023
Tips dan Trik Facebook yang Tersembunyi

Cara mengatasi tidak bisa membuka start menu di Windows 10

Cara mengatasi tidak bisa membuka start menu di Windows 10

Start menu adalah salah satu fitur penting di Windows 10 yang memudahkan Anda untuk mengakses aplikasi, pengaturan, dan fitur lainnya. Namun, terkadang start menu bisa bermasalah dan tidak bisa dibuka saat Anda menekan tombol Windows di keyboard atau klik ikon Windows di pojok kiri bawah layar. Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat Anda kesulitan untuk menggunakan komputer Anda.

Apa penyebab start menu tidak bisa dibuka di Windows 10? Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan masalah ini, seperti:

  • File sistem yang rusak atau hilang
  • Update Windows yang gagal atau belum selesai
  • Konflik antara aplikasi atau program yang berjalan di latar belakang
  • Virus atau malware yang menginfeksi komputer Anda
  • Pengaturan yang salah atau tidak sesuai

Lalu, bagaimana cara mengatasi start menu tidak bisa dibuka di Windows 10? Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masalah ini:

Solusi 1: Restart komputer Anda

Solusi pertama yang paling sederhana dan sering berhasil adalah dengan merestart komputer Anda. Restarting komputer akan memperbarui file sistem, menghapus cache, dan menutup semua aplikasi atau program yang berjalan di latar belakang. Dengan begitu, kemungkinan start menu bisa kembali normal setelah restart.

Untuk merestart komputer Anda, Anda bisa menekan tombol Ctrl+Alt+Delete di keyboard dan memilih opsi Restart dari layar yang muncul. Atau, Anda bisa menekan tombol power di casing komputer atau laptop Anda dan menahannya selama beberapa detik sampai komputer mati, lalu menyalakannya kembali.

Solusi 2: Jalankan troubleshooter untuk start menu

Solusi kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menjalankan troubleshooter untuk start menu. Troubleshooter adalah fitur bawaan Windows 10 yang bisa membantu Anda untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem operasi Anda, termasuk start menu. Untuk menjalankan troubleshooter untuk start menu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows+I di keyboard untuk membuka Settings.
  2. Klik pada Update & Security.
  3. Klik pada Troubleshoot di panel kiri.
  4. Di panel kanan, klik pada Additional troubleshooters.
  5. Cari dan klik pada Windows Store Apps.
  6. Klik pada Run the troubleshooter.
  7. Tunggu sampai proses selesai dan ikuti instruksi yang muncul di layar.
  8. Restart komputer Anda dan cek apakah start menu sudah bisa dibuka.

Solusi 3: Perbarui Windows 10 Anda

Solusi ketiga yang bisa Anda coba adalah dengan memperbarui Windows 10 Anda ke versi terbaru. Update Windows 10 biasanya membawa perbaikan bug, peningkatan keamanan, dan fitur baru yang bisa meningkatkan kinerja dan stabilitas sistem operasi Anda. Jika start menu tidak bisa dibuka karena adanya bug atau kesalahan pada versi Windows 10 yang Anda gunakan, maka update Windows 10 bisa menjadi solusinya.

Untuk memperbarui Windows 10 Anda ke versi terbaru, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows+I di keyboard untuk membuka Settings.
  2. Klik pada Update & Security.
  3. Klik pada Windows Update di panel kiri.
  4. Di panel kanan, klik pada Check for updates.
  5. Tunggu sampai Windows 10 mendeteksi dan mengunduh update yang tersedia.
  6. Klik pada Install now untuk memasang update yang sudah diunduh.
  7. Restart komputer Anda dan cek apakah start menu sudah bisa dibuka.

Solusi 4: Scan virus atau malware

Solusi keempat yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan scan virus atau malware pada komputer Anda. Virus atau malware adalah program jahat yang bisa merusak atau mengubah file sistem, termasuk file yang berkaitan dengan start menu. Jika start menu tidak bisa dibuka karena adanya virus atau malware, maka Anda perlu membersihkan komputer Anda dari infeksi tersebut.

Untuk melakukan scan virus atau malware, Anda bisa menggunakan antivirus bawaan Windows 10 yaitu Windows Defender, atau antivirus pihak ketiga yang Anda percaya. Pastikan antivirus Anda sudah diperbarui ke versi terbaru sebelum melakukan scan. Untuk melakukan scan virus atau malware dengan Windows Defender, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows+I di keyboard untuk membuka Settings.
  2. Klik pada Update & Security.
  3. Klik pada Windows Security di panel kiri.
  4. Klik pada Virus & threat protection di panel kanan.
  5. Klik pada Scan options di bawah Current threats.
  6. Pilih Full scan dan klik pada Scan now.
  7. Tunggu sampai proses selesai dan ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menghapus virus atau malware yang terdeteksi.
  8. Restart komputer Anda dan cek apakah start menu sudah bisa dibuka.

Solusi 5: Reset start menu

Solusi kelima yang bisa Anda coba adalah dengan mereset start menu. Reset start menu akan mengembalikan pengaturan start menu ke kondisi awal saat pertama kali Anda menginstal Windows 10. Hal ini bisa membantu jika start menu tidak bisa dibuka karena adanya pengaturan yang salah atau tidak sesuai. Untuk mereset start menu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows+R di keyboard untuk membuka Run.
  2. Ketik powershell dan tekan tombol Enter.
  3. Di jendela PowerShell yang terbuka, ketik perintah berikut dan tekan tombol Enter: Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}
  4. Tunggu sampai proses selesai dan tutup jendela PowerShell.
  5. Restart komputer Anda dan cek apakah start menu sudah bisa dibuka.

Kesimpulan

Start menu adalah fitur penting di Windows 10 yang memudahkan Anda untuk mengakses aplikasi, pengaturan, dan fitur lainnya. Namun, terkadang start menu bisa bermasalah dan tidak bisa dibuka. Ada beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini, seperti restart komputer, jalankan troubleshooter, perbarui Windows 10, scan virus atau malware, dan reset start menu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *